Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Nokia X Android Series

Advertisement

Kelebihan dan kekurangan nokia X Android series – Setelah ditunggu selama bertahun tahun akhirnya Nokia secara resmi mengumumkan smartphone berbasis Android. meskipun masih terkesan malu malu kucing, namun tetap saja handset Nokia yang dijuluki Nokia X series tersebut membuat banyak orang penasaran untuk menggunakannya. Melalui MWC ( Mobile World conference) Nokia telah meluncurkan tiga seri Nokia Android yaitu Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. menawarkan spesifikasi yang tak terlalu gahar ternyata handset tersebut berbeda jauh dengan perangkat Android pada umumnya. lantas seperti apa kelebihan dan kelurangan Nokia X Android series? simak ulasan Sedawai berikut ini

Nokia X Dual SIM 2 300x150 Kelebihan dan Kekurangan Nokia X Android Series

Nokia X Android Dual SIM

Kelebihan dan kekurangan Nokia X Android Series

Kelebihan nokia X

Desain berbeda
Nokia membawa desain khas Asha pada Nokia X series, sehingga membawa warna baru pada varian ponsel Android selama ini yang terkesan menjemukan. Desain Nokia sangat setylish dengan garis body yang tajam namun dibalut ornamen melengkung di bezelnya.

UI rasa Windows
Nokia sudah sangat lekat dengan windows phone, apalagi semenjak divisi Smartphonenya dibeli oleh Microsoft, praktis pergerakan Nokia juga tak lepas dari kendali Windows. Oleh sebab itu Nokia X hadir dengan tampilan retro ala Windows Phone. Kelebihan jelas akan dimiliki handset Nokia X karena kita seakan memiliki dua OS dalam satu ponsel.

Menggunakan Framework ala Kindle fire
Sempat diremehkan karena spesifikasi Nokia X tak terlalu tinggi namun nokia meyakinkan publik bahwa smartphone Androidnya akan berjalan lancar karena menggunakan framework yang berbeda dengan ponsel Android pada umumnya. Hal ini seperti Kindle fire yang dikembangkan oleh Amazon.

Fitur fastlane
Salah satu kelebihan Nokia X yang diunggulkan adalah fitur fastlane. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain. Fitur fastlane juga akan memunculkan berbagai informasi aplikasi (notifikasi) dan terintegrasi ke media sosial.

Aplikasi Preinstalled
Nokia X Android menjanjikan berbagai aplikasi pre-installed seperti Viber, Skype, dll. Nokia sudah melakukan penandatanganan kerjasama dengan berbagai pengembang aplikasi untuk memanjakan pengguna.

Support BlackBerry Messenger
Salah satu aplikasi pre-installed yang akan ada adalah BlackBerry Messenger. Yups, BBM akan langsung tersedia di perangkat nokia X. Ini sangat menarik mengingat saat ini BBm memang belum diluncurkan untuk Nokia.

Meskipun memiliki segugang kelebihan, Nokia X ternyata memiliki kekurangan baik di sektor hardware maupun performa.
Kekurangan Nokia X

Spesifikasi hardware terkesan nanggung
Jika dibandingkan dengan ponsel Android keluaran baru, handset Nokia X memang terkesan nanggung karena prosesornya masih dual core dan menggunakan Jenis Qualcomm Snapdragon S4.

RAM 512 MB
Nokia X adalah smartphone yang berbasis Android 4.2 jelly Bean yang terkenal rakus memory. RAM yang hanya 512 MB diyakini akan membuat performa Nokia X kurang responsif.

Tidak terintegrasi dengan layanan Google
Nokia X memghilangkan semua layanan yang berbau google dan menggantikannya dengan produk Nokia dan microsoft. tentu saja kita akan kehilangan ciri khas Android. Terlebih kita tidak akan bisa mencari aplikasi melalui google Play Store.

Harga murah tapi kurang bersaing
Meski diklaim akan dibanderol dengan harga murah sekitar Rp. 1,5 jutaan namun jika kita melihat persaingan ponsel android baik dari produsen Global maupun lokal di pasaran maka harga untuk spesifikasi nokia X yang nanggung tersebut cukup mahal.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Nokia X android, patut ditunggu kehadirannya di Indonesia.

Advertisement

Andi Muh. Sarwan is a Part time blogger who started blogging on 2012

Leave a Reply